Delapan Persiapan Memulai Usaha Bagi Mompreneur

Delapan Persiapan Memulai Usaha Bagi MompreneurTentu anda sudah membaca dalam artikel sebelumnya tentang keuntungan dan kerugian yang diakibatkan menjadi seorang mompreneur (wanita pengusaha). Pastinya anda sudah paham, sehingga melanjutkan membaca tulisan ini. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan beberapa cara yang perlu dipersiapkan sebelum memulai sebuah bisnis. Jelas, usaha yang anda buat harus sukses. Walaupun pada kenyataanya bahwa siapapun tidak tahu dirinya sukses di masa depan atau mengalami kegagalan. Namun alangkah baiknya jika, mempersiapkan beberapa hal yang menyangkut usaha yang akan dijalankan. Selalu ingat, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan hanya sekejap. Proseslah yang menjadikan seseorang itu sukses. 

Keuntungan besar, waktu kerja yang fleksibel, serta menjadi bos untuk diri sendri membuat berbisnis terdengar keren dan menggiurkan saat ini. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi anda untuk menghasilkan uang lebih banyak. Tapi, jangan pernah terlena dengan keuntungan-keuntungan menjadi pengusaha sementara anda melupakan faktor penting dalam memulai bisnis, terutama beberapa hal yang harus dipersiapkan, untuk mengurangi risiko.
Delapan Persiapan Memulai Usaha Bagi Mompreneur
Baca Juga : Inilah Alasan Menjadi Seorang Mompreneur

Berikut adalah beberapa persiapan sebelum memulai usaha :
  • 1) Mempersiapkan Mental
Mental adalah kekuatan diri dalam menghadapi sesuatu keadaan dalam hidup. Ada mungkin pernah mendengar bahwa setiap orang itu memiliki mental berbeda, ada yang mental kuat dan mental lemah. Contoh dari mental lemah adalah dimana sebelum memulai sesuatu sudah menyerah karena suatu hal. Artinya orang yang bermental lemah lebih suka melihat sisi negatif dari suatu keadaan, padahal sebenarnya jika dilakukan pasti bisa. 

Demikian halnya saat memulai sebuah usaha, anda akan merasakan kurang nyaman saat memasuki lingkungan dan rutinitas baru. Jika anda melihat itu sebagai pengganggu rasa nyaman anda, maka tentu anda sebaiknya berpikir lagi atau mempersiapkan mental anda. 

  • 2) Mempersiapkan Skill/ Pilih Sesuai Minat
Setidaknya anda mempunyai satu bidang skill (keahlian) yang kuat anda kuasai. Sebagai seorang mompreneur, anda harus benar-benar mempunyai sebuah keahlian yang sudah pernah dilakukan. Misalnya anda ingin membuka usaha Penjahit Pakaian. Seharusnya anda memiliki keahlian menjahit, jikalau pun anda tidak mengerti menjahit. Sebaiknya anda mengerti tentang desain-desain terbaru, atau mengetahui cara pemasaran yang baik dan lainnya. Dan sambil berjalan, anda bisa belajar atau les privat (jika itu sangat anda sukai).

Pada intinya anda lebih baik memilih peluang usaha yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki.

  • 3) Mempersiapkan Modal
Modal adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha. Modal yang kami maksud disini adalah modal finasial atau uang. Tentu secara umum untuk membuka bisnis dibutuhkan dana awal, namun bukan berarti itu segala-galanya. Banyak orang yang mempunyai rencana bisnis, tapi akhirnya hanya berjalan ditempat karena modal yang kurang. Sebaiknya persiapkan modal, jangan sampai kehabisan modal ditengah jalan karena tidak benar-benar mempersiapkan dari awal. 

Sebagai tambahan, calon pengusaha harus mengerti cara mendapatkan modal dan mempunyai pengetahuan dasar dalam pengelolaan keuangan dan pembiayaan. Pintar dan bijak menggunakan modal awal tersebut sesuai kebutuhan yang paling diprioritaskan.

  • 4) Mempersiapkan Tempat
Karena bagi ibu rumah tangga, tentu bisnis yang akan dibuka dilakukan dirumah atau setidaknya sangat dekat dengan rumah. Artinya walaupun dikerjakan di dalam rumah sendiri, perlu dipersiapkan ruangan khusus tempat melakukan bisnis itu, tujuannya adalah agar kehidupan rumah tangga tetap terjaga privasinya.

  • 5) Mempersiapkan Waktu
Seorang ibu rumah tangga yang ingin membuka bisnis sampingan, harus mengerti tentang manajemen waktu. Artinya ibu tersebut harus pandai mengatur waktu antara mengurusi keluarga dan berbisnis. Banyak kasus, karena pendapatan dari usaha yang dijalankan lebih besar dibandingkan pendapatan suami. Si ibu malah meremehkan suaminya hingga terjadilah konflik. Ibu rumah tangga harus tetap mengutamakan keluarga. Tetap menghormati suami, jika masih ada, atau melibat keluarga.

  • 6) Mempersiapkan untuk Memperluas Jaringan
Calon pengusaha harus pintar berkomunikasi, baik secara langsung, melalui telepon, email dan lainnya. Sebaiknya bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang serupa atau mengikuti event-event yang mungkin berkaitan dengan jenis usaha anda.

Setiap melakukan bisnis, perlu diingat jaringan sangat penting. Karena tanpa mereka, maka bisnis anda tidak akan berjalan. Jika tidak ada jaringan yang kuat dalam bisnis, hampir bisa dipastikan usaha itu tidak akan maju. Manfaatkanlah jaringan dengan baik. 

Salah satu contoh yang dapat dilakukan untuk membuat jaringan atau menjaga jaringan itu awat adalah dengan menjadi figur yang supel, ramah dengan suka menyapa, suka senyum pada orang sering dijumpai dan tidak malu mengakui dirinya jika melakukan kesalahan.

  • 7) Selalu Berperilaku Postif
Memulai sebuah usaha tentu sudah siap dengan segala resiko yang akan datang. Pandanglah setiap masalah dengan postif. Ciptakan peluang dari kegagalan. Jangan mudah menyerah, disetiap resiko pasti ada jalan keluarnya.

  • 8) Mempersiapkan Strategi Pemasaran Efektif
Membuka sebuah usaha artinya untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan. Agar penjualan sukses, tentu harus mempersiapkan trik pemasaran yang efektif. Persiapkan strategi pemasaran yang cocok bagi usaha yang anda buka.

0 Response to "Delapan Persiapan Memulai Usaha Bagi Mompreneur"

Post a Comment