Apakah itu Mompreneur?

Apakah itu Mompreneur?Mompreneur sendiri berasal dari dua kata yaitu “mommy (ibu” dan entrepreneur (wiraswasta). Artinya mompreneur adalah suatu istilah yang ditujukan pada seorang ibu rumah tangga yang memiliki dan mengelola usahanya sendiri.  Kita tahu bahwa beberapa tahun belakangan ini, kewirausahaan terus didorong agar masyarakat tidak hanya diam saja, dan segera mengubah pola pikir untuk membuka usaha sendiri. Sebab entrepreneur merupakan salah satu roda penggerak ekonomi suatu Negara. 

Ada beberapa alasan yang membuat seorang ibu rumah tangga banting setir menjadi pengusaha. Salah satunya untuk membantu ekonomi keluarga yang mengharuskannya harus berjuang keras agar dapat bertahan mengarungi kehidupan. Salah satu contohnya adalah bagi ibu yang telah menjadi single fighter karena dicerai, ditinggal pergi suami, suami pengangguran, suami di PHK atau karena sang suami meninggal dunia. 
Apakah itu Mompreneur?

Demam berwirausaha dalam beberapa tahun ini memang merebak seiring dengan munculnya seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan tentang kewirausahaan. Para pembuat seminar pun tidak hanya sekedar menawarkan pelatihan gratis, tapi juga memberikan cara-cara dan tips-tips memulai usaha baru. Bahkan mereka memberikan buku pendukung bagi peserta, menjanjikan cepat kaya dan lainnya. 

Baca Juga : 8 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Saat ini memang profesi entrepreneur sedang naik daun dan menjadi salah satu profesi yang menarik. Wiraswasta menjadi pilihan yang bagus dan menantang bagi orang yang ingin maju, ingin penghasilan lebih besar, bagi orang yang mudah bosan, tidak mau diperintah dan ingin bekerja fleksible. Tapi perlu diingat, jika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha harus berani menantang segala tantangan, hambatan, dan tidak takut gagal. Apalagi usaha yang dijalankan dengan modal pas-pas an. 

Tapi jangan berpikir bahwa seorang wanita menjadi pengusaha tidak selamanya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Melainkan banyak juga yang menjalani bisnis walaupun berprofesi sebagai wanita karir. Nah, bagaimana mereka membagi waktu iya? Belum pekerjaan di kantor, pekerjaan dirumah. Gimana juga jika mereka sudah mempunyai suami dan anak-anak. 

Baca Juga : Inilah Alasan Menjadi Seorang Mompreneur

Tapi seandainya pun keputusan anda diambil karena terpaksa dan terburu-buru. Tentu juga harus dipersiapkan dengan matang-matang, demi mengurani resiko kegagalan.


Menjadi seorang pengusaha, seorang ibu mungkin menjadi banyak idaman wanita. Karena selain menghasilkan banyak uang juga dapat bekerja secara fleksibel. Dimana para wanita yang memulai usaha tetap juga memperhatian pendidikan dan kesehatan anak-anaknya. Banyak ibu rumah tangga ingin menjadi mompreneur, menjalankan usaha sendiri sehingga punya kebebasan waktu menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga. Tapi anda sebagai wanita yang ingin menjadi wirausaha harus benar-benar mempersiapkan diri dengan benar-benar, karena beberapa kasus ada keluarga yang menjadi retak akibat kesibukan dalam berbisnis.

Baca Juga : Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

0 Response to "Apakah itu Mompreneur?"

Post a Comment